วันเสาร์ที่ 11 กุมภาพันธ์ พ.ศ. 2555

Curug Citiis yang Masih Alami

[imagetag] [Image: curug-citiis2.jpg]

Home » Tempat Wisata » Curug Citiis yang Masih Alami

Satu lagi air terjun yang dipersembahkan oleh kawasan Pasundan. Adalah Curug Citiis yang berada di Kecamatan Tarogong seakan menggupaikan tangannya mengajak Anda untuk menyinggahinya. Keberadaannya pada ketinggian sekitar 1.000 meter diatas permukaan laut (dpl) dengan konfigurasi lahan yang berbukit-bukit dan tingkat kemiringannya yang curam. Namun demikian, stabilitas tanahnya cukup sedang.

Pepohonan yang rindang menyebabkan akses sinar matahari untuk masuk ke dalamnya cukup kesulitan. Ketika musim kemarau menjelang, maka debit air di curug akan berkurang. Kualitas lingkungannya sendiri cukup baik dengan sanitasi yang terkelola maksimal. Pencemaran udara masih sangat rendah, meski ada pencemaran di air dimana sampah-sampah cukup berserakan peninggalan mereka yang pernah berkunjung ke curug ini.

Air yang ada di curug ini berasal dari Gunung Guntur yang memiliki dua buah mata air, yakni mata air yang mengalir ke Curug Citiis sendiri, dan mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas. Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung ialah tracking, hiking, menikmati sajian pemandangan alam yang begitu indah, camping, maupun kegiatan pemotretan atau fotografi. Tak hanya mengandalkan keindahannya saja, namun dibaliknya ada legenda yang membarengi eksisnya curug ini.

Di kawasan ini terdapat tiga buah shelter dalam kondisi cukup baik namun terdapat sedikit vandalisme di shelter, sebuah kios dalam kondisi yang cukup dan hanya buka pada hari Minggu. Objek wisata ini belum memiliki fasilitas akomodasi atau tempat ibadah. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat dijumpai di kawasan Cipanas yang berjarak +7 km dengan menempuh waktu 2 jam, sedangkan fasilitas rumah makan hanya terdapat di daerah Kecamatan Tarogong.

Lokasi

Curug Citiis lokasinya ada di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut, Jawa Barat –Indonesia.

Selamat Berkunjung!

[imagetag] [Image: curug-citiis4.jpg]

sumber

(author unknown) 08 Feb, 2012

Mr. X 11 Feb, 2012


-
Source: http://andinewsonline.blogspot.com/2012/02/curug-citiis-yang-masih-alami.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

ไม่มีความคิดเห็น: